Selasa, 09 Oktober 2012

Busi Asli Atau Palsu ? Ini Dia Perbedaannya!

Busi akan sangat berpengaruh pada kemampuan suatu kendaraan agar bisa berjalan dengan normal dan baik. Berhati-hatilah dalam memilih busi yang ada di pasaran (bengkel sparepart) karena berbagai merek terdapat yang terdapat dipasaran sudah banyak yang dipalsukan. Tentu ini akan membuat rugi konsumen, khususnya pengguna kendaraan bermotor.

Salah satu merek busi yang terkenal di Indonesia adalah NGK, pihak NGK Indonesia mengeluhkan dengan banyaknya busi merk NGK yang dipalsukan. Namun akhirnya NGK Indonesia memberikan pemahaman dan penjelasan mengenai busi Asli NGK atau palsu (NGK abal-abal).

Agus Tan adalah Generak Manager Sales dan Marketing PT. NGK Indonesia memberikan beberapa penjelasan mengenai perbedaan busi asli dan palsu. Berikut penjelasan beliau:

gambar-busi-asli, gambar-busi-palsu

1. Busi asli NGK pada bagian hextagon metalnya terdapat kode atau tanda khusus dimana terdapat kode bulan, tahun pembuatan dan negara yang membuat. Kode-kode tersebut memang saat ini hanya bisa di mengerti oleh team dari NGK. Sampai saat ini Busi palsu belum memiliki kode seperti itu. Karena untuk meniru kode tsb memang cukup sulit, karena ukuran kode nya sangat kecil.

2. Perbedaan lainnya adalah Gasket businya, Gasket Busi NGK dirancang seunik mungkin, sehingga apabila gasket tsb sudah masuk maka tidak bisa keluar lagi, walaupun dipaksa sedemikian rupa. Sedang gasket pada busi yang palsu pasti bisa dilepas.

3. Karena busi NGK terbuat dari material standar nasional maka busi akan kokoh dan berdaya tahan lama, sedang busi palsu biasanya bahannya tidak standar. Jadi tidak kokoh dan jika terjatuh busi akan mudah bengkok.

4. Proses plating yang dilewati busi NGK selama lebih dari 4 jam. Jadi busi NGK tidak akan berkarat. Apabila Anda menemukan ada busi yang karatan (walaupun sedikit) maka bisa dipastikan kalau busi tsb adalah busi PALSU.

PT. NGK Busi Indonesia juga memberikan penerangan dan penjelasan secara rutin mengenai perbedaan busi asli dan palsu khususnya merk NGK kepada 22 distributornya yang terdapat di 5 pulau terbesar di Indonesia.

Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk Anda agar terhindar dari busi palsu.

3 komentar:

  1. Kualitas busi palsu umur pakai tidak lama, karena businya mirip saya pernah tertipu. Terima kasih infonya, dengan informasi ini makin menambah pengetahuan kita.

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya, sangat bermanfaat untuk orang awam seperti saya

    BalasHapus
  3. rasanya saya tertipu.. susah banget cari NGK asli...

    BalasHapus